VISI

Menjadi penyelenggara layanan informasi publik yang transparan, responsif, dan tidak diskriminatif di bidang obat dan makanan

MISI

  1. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang andal berbasis teknologi informasi.
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat melalui penyediaan media layanan informasi yang mudah diakses.
  3. Meningkatkan kompetensi petugas layanan informasi sehingga mampu memberikan layanan informasi yang berkualitas.




TUGAS DAN FUNGSI

PPID Pelaksana

  1. Membantu PPID BPOM melaksanakan tanggung jawab, tugas, dan kewenangannya;
  2. Melaksanakan kebijakan teknis layanan Informasi Publik yang telah ditetapkan PPID BPOM;
  3. mengonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik;
  4. mengumpulkan dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi Publik di unit kerjanya;
  5. membantu PPID BPOM dalam membuat, memverifikasi, mengelola, memelihara, dan memutakhirkan daftar Informasi Publik dan klasifikasi Informasi yang Dikecualikan;
  6. membantu membuat, mengelola, memelihara, dan memutakhirkan daftar Informasi Publik;
  7. menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan Informasi Publik agar mudah diakses oleh publik;
  8. mengusulkan pengujian konsekuensi kepada PPID BPOM apabila terdapat permintaan Informasi Publik dan/atau terdapat Informasi yang Dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya;
  9. memberikan pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana;
  10. menyampaikan laporan layanan Informasi Publik di lingkungan unit kerjanya kepada PPID BPOM melalui Sistem Informasi PPID; dan
  11. melakukan edukasi dan sosialisasi keterbukaan Informasi Publik.

Bidang Pengelolaan & Pelayanan Informasi

  1. Melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi yang meliputi penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, pengamanan dan pengumuman informasi publik
  2. Melakukan pemutkahiran informasi dan dokumentasi secara berkala sebagai bahan masukan penyusunan daftar informasi publik dan pengklasifikasian informasi publik
  3. Mengumumkan informasi publik melalui media yang efektif
  4. Melaksanakan uji konsekuensi kepada PPID Utama apabila terdapat permohonan informasi public dan/atau terdapat informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi publik yang dapat diakses
  5. Menyusun laporan layanan informasi publik kepada PPID Utama
  6. Menyediakan informasi public atas permohonan informasi public yang tidak terdapat dalam daftar informasi publik

Bidang Dokumentasi & Arsip

Mendokumentasikan dan mengarsipkan informasi publik yang dimiliki unit kerja sesuai dengan klasifikasi informasi

Daftar Standard Operational Procedure (SOP) terkait PPID

  1. SOP Mikro Permintaan Informasi Publik unduh di sini
  2. SOP Mikro Pengajuan Keberatan unduh di sini
  3. SOP Mikro Penetapan dan Pemutakhiran Daftar Informasi Publik unduh di sini
  4. SOP Mikro Pengujian Konsekuensi unduh di sini
  5. SOP Mikro Pengumuman Informasi Publik unduh di sini
  6. SOP Mikro Pendokumentasian Informasi Publik unduh di sini
  7. SOP Mikro Maklumat Pelayanan Informasi Publik unduh di sini

ALUR PERMINTAAN INFORMASI PUBLIK


FORMULIR PERMINTAAN INFORMASI PUBLIK

Formulir dapat diakses di sini


SYARAT PERMINTAAN INFORMASI PUBLIK