MEMBATIK: MEMahami BAhan kosmeTIK "Empower Yourself with Knowledge of Cosmetic Ingredients"

Kosmetik dan berbagai produk kecantikan illegal saat ini banyak tersebar di peredaran. Masyarakat semakin mudah menemukan produk kecantikan dengan bahan berbahaya baik melalui e-commerce ataupun pembelian melalui offline. Kandungan bahan berbahaya dalam kosmetik dapat mengancam kesehatan masyarakat karena memiliki risiko menyebabkan iritasi, sensitisasi, bahkan kanker beberapa efek kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, pemahaman terhadap bahan-bahan kosmetik menjadi kunci utama dalam menentukan kosmetik aman, bermanfaat, dan bermutu. Pemahaman ini harus dimengerti oleh masyarakat pada umumnya serta pelaku usaha pada khususnya.

Dalam upaya memastikan keamanan kosmetik yang beredar di masyarakat, BPOM melalui Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik akan mengadakan bimbingan teknis terkait bahan kosmetik yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan persamaan persepsi dalam implementasi peraturan terkait bahan kosmetik. Kegiatan bimbingan teknis kali ini diselenggarakan melalui kegiatan MEMBATIK (MEMahami BAhan kosmeTIK) dengan tema “Empower Yourself with Knowledge on Cosmetic Ingredients”.