Sosialisasi PerBPOM No. 21 tahun 2022

Sosialisasi PerBPOM No. 21 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika.

Pada awal bulan Oktober 2022, Badan POM telah menerbitkan Peraturan BPOM No. 21 tahun 2022 tentang Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika. Selanjutnya Direktorat Standardisasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik sebagai salah satu unit di BPOM yang salah satu tugasnya adalah melakukan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang standardisasi kosmetika bermaksud melakukan Sosialisasi terhadap Peraturan tersebut.

Sosialisasi peraturan dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha dan asosiasi di bidang kosmetika serta petugas BPOM terkait isi/ norma ketentuan yang diatur dalam regulasi sehingga tidak mengalami kesulitan saat implementasi/ penerapan regulasi.

Melalui sosialisasi regulasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pengawasan sebelum beredar dan menjadi pedoman bagi evaluator, kemudian bagi para pelaku usaha akan mendapatkan kejelasan mengenai persyaratan, tata cara pengajuan notifikasi kosmetika, serta hal-hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan Dokumen Informasi Produk (DIP).

Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan secara hybrid, pada hari Jum’at tanggal 4 November 2022, pada pukul 08.30 – 11.30. Acara ini terbuka untuk seluruh pegawai BPOM baik di Pusat maupun UPT di daerah, pelaku usaha di bidang kosmetik, akademisi dan  dan para pemangku kepentingan lainnya.