Webinar Mitigasi Risiko

Maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak dan balita yang diduga karena adanya cemaran EG dan DEG pada obat sirup, menjadi perhatian khusus bagi masyarakat Indonesia. Pelaku usaha bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan agar memenuhi persyaratan keamanan dan mutu, termasuk didalamnya pencegahan terhadap cemaran EG dan DEG sesuai persyaratan. Badan POM selaku Pengawas Obat dan Makanan berperan untuk memastikan pencegahan kandungan cemaran EG dan DEG agar tidak melebihi batas ambang cemaran yang telah ditentukan.

          Mengantisipasi kemungkinan terulangnya kasus sejenis, maka diperlukan suatu strategi guna memitigasi risiko dari cemaran-cemaran bahan tambahan yang digunakan pada obat tradisional, suplemen kesehatan, obat kuasi dan kosmetik yang melebihi batas yang dipersyaratkan.

Guna mendiskusikan strategi untuk mendeteksi, mengevaluasi dan mencegah potensi risiko pada produk, maka diadakanlah seminar yang melibatkan seluruh pelaku usaha dan akademisi. Seminar ini akan dilaksanakan secara hybrid pada hari Rabu, 5 April 2023.

          Melalui seminar ini diharapkan dapat membantu pengawas, pelaku usaha dan pemasok bahan baku dalam melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap cemaran EG dan DEG.